TRANSISI IBOR

Dari IBOR ke Tarif Referensi Alternatif

Mulai 29 November 2021, kami akan berhenti menggunakan Tarif yang Ditawarkan Antarbank untuk perhitungan tarif pembiayaan kami dan sebagai gantinya, kami menggunakan Tarif Referensi Alternatif.

Apa yang dimaksud dengan tarif IBOR?

Tarif yang ditawarkan antarbank (Interbank Offered Rate - IBOR) adalah tolok ukur tarif bunga yang digunakan untuk berbagai macam produk dan kontrak keuangan.

Sebagian besar tarif IBOR akan berhenti beroperasi pada akhir tahun 2021. Ini berarti semua tolok ukur di bawah payung IBOR, termasuk Tarif yang Ditawarkan Antarbank London (London Interbank Offered Rate - LIBOR) yang banyak digunakan, akan dihentikan dan digantikan dengan tarif alternatif.

Apa yang dimaksud dengan LIBOR?

Sejak tahun 1980-an, LIBOR dipandang sebagai tolok ukur tarif peminjaman antarbank untuk menghitung tarif pinjaman jangka pendek yang akan ditawarkan bank kepada satu sama lain. Sampai krisis keuangan pada tahun 2008, LIBOR dipandang sebagai standar emas untuk mengukur kesehatan sistem keuangan global secara keseluruhan.

Alasan perubahan tarif

Pembuat kebijakan telah mengungkapkan kekhawatiran tentang keandalan dan keberlanjutan IBOR. Aturan likuiditas ketat yang ditetapkan akibat krisis keuangan pada tahun 2008, dibarengi dengan hilangnya kredibilitas LIBOR karena skandal serta kontribusinya dalam krisis, menyebabkan IBOR menjadi pilihan yang kurang menarik bagi pinjaman antarbank jangka pendek dan tanpa jaminan. Akibatnya, terjadi kemunduran signifikan pada pasar pendanaan tanpa jaminan antarbank dalam satu dekade terakhir, serta kurangnya likuiditas yang menyebabkan pasar menjadi tempat yang kurang representatif. Rentetan kejadian ini membuat para pembuat kebijakan beralih ke Tarif Referensi Alternatif (Alternative Reference Rate - ARR).

Tarif yang akan digunakan

Pengguna IBOR akan beralih ke Tarif Referensi Alternatif (ARR). ARR didasarkan pada tarif bunga semalam yang sebenarnya untuk uang tunai grosir likuid dan pasar derivatif. Ini membuat ARR lebih kuat dan tidak sefluktuatif IBOR.

Karena ARR adalah tarif bebas risiko, tarif ini tidak menyertakan risiko kredit yang melekat dalam perhitungan IBOR, yang didasarkan pada pinjaman antarbank dalam periode waktu yang lebih lama.

Apa pengaruh perubahan ini untuk saya?

Jika Anda memiliki posisi indeks pada akhir hari perdagangan (pukul 17.00 ET), posisi tersebut dianggap ditahan semalam dan dikenakan biaya atau kredit pembiayaan untuk mencerminkan ongkos pendanaan posisi Anda (sehubungan dengan margin yang digunakan).

Pada indeks, ini dihitung sebagai:

Biaya atau kredit pembiayaan harian = nilai posisi* x tarif pendanaan yang berlaku/365**

Tarif pendanaan yang berlaku dalam contoh ini akan diganti dari Tarif Penawaran Antarbank (IBOR) menjadi Tarif Referensi Alternatif (ARR). Misalnya, di US Wall St 30, tarif pendanaan yang berlaku milik Anda akan berubah dari USD LIBOR - 3 bulan menjadi Tarif Pembiayaan Semalam dengan Jaminan (Secured Overnight Financing Rate - SOFR).

Tabel di bawah ini menunjukkan apa yang saat ini digunakan produk indeks sebagai tarif pendanaan yang berlaku dan Tarif Referensi Alternatif mana yang akan kami gunakan mulai 29 November 2021.
Indeks Tarif pendanaan antarbank yang lama Tarif Referensi Alternatif
Australia 200 Australia Bank Bill - 3 Bulan AONIA
China A50 USD LIBOR - 1 Bulan SOFR
Germany 30 EURIBOR - 3 Bulan ESTR
Europe 50 EURIBOR - 3 Bulan ESTR
France 40 EURIBOR - 1 Bulan ESTR
Hong Kong 33 HKD HIBOR - 1 Bulan HONIA
India 50 USD LIBOR - 1 Bulan SOFR
Japan 225 USD LIBOR - 3 Bulan SOFR
US Nas 100 USD LIBOR - 3 Bulan SOFR
Netherlands 25 EURIBOR - 1 Bulan ESTR
Singapore 30 SGD SIBOR - 1 Bulan SORA
US SPX 500 USD LIBOR - 3 Bulan SOFR
Taiwan Index USD LIBOR - 1 Bulan SOFR
UK 100 GBP LIBOR - 3 Bulan SONIA
US Russell 2000 USD LIBOR - 3 Bulan SOFR
US Wall St 30 USD LIBOR - 3 Bulan SOFR

*dengan nilai posisi = ukuran posisi x harga pada akhir hari perdagangan (17.00 ET).

**Untuk posisi indeks long, tarif pendanaan yang berlaku adalah biaya admin sebesar 2,5% ditambah tarif alternatif relevan yang dihitung sebagai tarif tahunan. Dinyatakan dengan tarif negatif, sehingga menjadi biaya.

Untuk posisi indeks short, jika tarif alternatif yang relevan lebih besar dari biaya admin 2,5%, tarif yang digunakan akan berupa selisih di antara keduanya, dihitung sebagai tarif tahunan. Ini dinyatakan dengan tarif positif, sehingga menjadi kredit.
Jika tarif alternatif yang relevan lebih rendah dari biaya admin 2,5%, tarif yang digunakan akan berupa selisih di antara keduanya, dihitung sebagai tarif tahunan. Ini dinyatakan dengan tarif negatif, sehingga menjadi biaya. Lihat halaman biaya pendanaan kami untuk mengetahui secara lebih lanjut tentang tarif pendanaan kami yang berlaku.